Selasa, 29 Desember 2009

KPPU Luncurkan Buku Ajar Persaingan Usaha

JAKARTA-Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bekerja sama dengan Lembaga Gesselschaft fur Tech-nische Zusammerbeit (GTZ) Jerman meluncurkan buku Hukum Persaingan Usaha, antara Teks dan Konteks.

Menurut Ketua KPPU Benny Pasaribu, buku ini merupakan bentuk kepedulian KPPU terhadap dunia pendidikan yang memerhatikan unsur persaingan bisnis. "Ini merupakan langkah pencegahan potensi persaingan bisnis sejak dini," kata Benny saat acara peluncuran buku tersebut di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Senin (21/12).

Dia menambahkan, buku tersebut menjelaskan beberapa, jenis perjanjian bisnis dan kegiatan bisnis yang melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. "Kami ingin memberi titik tekan kalau bisa dicegah kenapa harus berperkara," tandas Benny.

Ia menandaskan, dalam waktu dekat, KPPU juga akan menerbitkan buku-buku lain terkait kegiatan persaingan usaha seperti kartel, merger, dan lain-lain. "Kalau kita membahas tentang kartel, bisa dibuatkan satu buku tersendiri," ujar Benny.

Pada kesempatan yang sama. Illa Syaila, direktur Akademik Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas menyambut baik peluncuran buku tersebut. Menurut Illa, pihaknya akan terus bekerja sama dengan KPPU untuk menyelenggarakan pendidikan bisnis berbasis pencegahan persaingan usaha. "Pendidikan bisnis saat ini sudah marak di perguruan-perguruan tinggi," kata dia.

sumber www.kppu.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar